A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Desa Tamanmartani
KEBUN KEJUJURAN KEPATIHAN
Ditulis oleh : Suhendra Jatmika Aji - Dusun :

12 Juni 2014 - 23:04:18 WIB

Untuk menghadapi Lomba Desa Bina yang diselenggarakan bulan Oktober 2013, Pemerintah Desa Tamanmartani menghimbau masyarakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya adalah memanfaatkan lahan/pekarangan.

Ada 2 cara pemanfaatan pekarangan yaitu sistem vertikal, sistem ini bisa digunakan bagi warga  yang lahannya sangat terbatas dengan cara membuat rak susun dari bambu atau kayu untuk meletakkan pot atau polibag yang telah ditanami tanaman toga dan warung hidup.

Ke dua sistem horizontal, sistem ini bisa digunakan bagi warga yang masih mempunyai pekarangan luas.

Menanggapi hal tersebut, dusun Kepatihan terutama Dasa Wisma Anggrek telah melakukan penanaman toga ( Tanaman Obat Keluarga ) maupun warung hidup. Tanaman yang dibudidayakan misalnya jahe, kunyit, kencur, temulawak, temugiring, temuireng, jambu biji merah, lengkuas, sere, cabe, terong, dan sebagainya.

Penanaman toga ini dilakukan berkelompok  di pekarangan salah satu anggotanya yang merelakan kebunnya untuk ditanami bersama. Hasilnya pun akan dinikmati bersama-sama pula.

Sesuai dengan kesepakatan bersama, kebun ini diberi nama “Kebun Kejujuran”. Maksudnya kebun ini milik semua anggota Dasa Wisma Anggrek. Karena tidak selalu ditunggu, maka bagi anggota yang memetik hasil kebun, diharapkan kejujurannya untuk  memberi sekedar uang kas seikhlasnya kepada petugas yang ditunjuk. Uang itu nantinya akan digunakan untuk pengembangan kebun kejujuran. Kegiatan tersebut dirasa sangat positif dan besar manfaatnya baik untuk tambahan pendapatan keluarga maupun kelompok. Kebun itu juga meminimalisir penggunaan obat yang mengandung bahan kimia. (Endar)

PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DESA TERBARU
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Pemerintah Kabupaten Sleman. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.