A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Desa Tamanmartani
Tamanmartani Maju Lomba Desa Tingkat DIY
Ditulis oleh : Suhendra Jatmika Aji - Dusun :

13 Juni 2014 - 10:46:24 WIB

SLEMAN, suaramerdeka.com - Desa Tamanmartani, Kecamayan Kalasan tahun ini mewakili Kabupaten Sleman dalam ajang lomba desa tingkat DIY. Penilaian oleh tim provinsi telah dilaksanakan akhir Mei lalu dengan diketuai Kabiro Tata Pemerintahan Setda DIY, Haryanto.

Kepada wartawan, Kamis (5/6), Haryanto menerangkan indikator penilaian lomba ini meliputi orbitasi dan data pendukung serta tingkat perkembangan. Data perkembangan itu mencakup bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi, keamanan, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
 
"Kegiatan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan," katanya.

Melalui perlombaan desa ini, desa dan kelurahan terpilih nantinya diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat. Di lain sisi, masyarakat diminta memberikan dukungan dalam wujud partisipasi aktif.

Staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Sleman Sri Murni Rahayu berharap lewat evaluasi ini dapat diketahui kekurangan kinerja aparat desa yang selanjutnya dijadikan bahan intropeksi. "Penyelenggaraan pemerintahan desa harus optimal karena menjadi garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujarnya.

Sebagai upaya meningkatkan layanan pemerintah desa, tahun lalu Pemkab telah melaksanakan pembinaan APBDes dan berbagai fasilitasi. Di antaranya pemilihan kepala di 33 desa, 51 dusun, pengisian 14 perangkat desa, dan fasilitasi penyertifikatan tanah kas desa sebanyak 116 bidang.

Selain itu dilakukan penyaluran bantuan dana bagi hasil pemerintah desa sejumlah 32 miliar, dan bantuan keuangan Rp 31 miliar. Dana tersebut antara lain dialokasikan untuk tunjangan penghasilan perangkat desa hingga RT/RW, bantuan pemilihan kades, BPD, dukuh, dan kompensasi tanah garapan perangkat desa yang terdampak erupsi merapi.

( Amelia Hapsari / CN31 / SMNetwork
Foto diambil dari http://wartasembada.files.wordpress.com

 

PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DESA TERBARU
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Pemerintah Kabupaten Sleman. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.